Tips untuk Menjaga Kesehatan Otak, Mencegah Kebocoran Brain-Barrier

Royal Jelly Memperbaiki Kondisi Mental & Gangguan Memori


Anda pasti sudah mengenal royal jelly bukan? Royal jelly sering kali kita temui di toko-toko swalayan atau supermarket. Tahukah Anda. ternyata mengonsumsi royal jelly secara rutin dapat memperbaiki kondisi mental dan juga gangguan memori. Tidak hanya itu saja, royal jelly juga memilki banyak khasiat lainnya, seperti mengatasi insomnia, gangguan lever, ginjal, dan pankreas.

Menikmati makanan berlemak ditambah dengan kopi bukanlah hal yang buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, menyantap makanan berlemak seperti donat dengan secangkir kopi justru dapat melindungi blood-brain. Kafein dapat mencegah beberapa efek yang merusak dari kolesterol penyebab kebocoran brain-barrier. Hal tersebut merupakan hasil riset University of Nort Dakota School of Medicine and Health Sciences.


Otak kerap kali menjadi sasaran penyakit di usia lanjut, seperti penyakit alzheimer (pikun). Jadi, melindungi otak dari penyakit-penyakit yang mungkin menyerang saat memasuki usia lanjut merupakan hal yang sangat pen-ting. Menurut hasil riset di Douglas Hospital Research, teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit-penyakit yang dapat menyerang otak di saat lanjut usia. Oleh karenanya, para ahli menyarankan para lansia mengonsumsi teh hijau atau teh hitam, 2 gelas sehari, agar otak terlindung dari penyakit, terutama berkaitan dengan syaraf ingatan.

Tumbuh kembang otak anak dapat dibantu dengan memberikan nutrien AA (asam arakhidonat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). Kedua nutrien tersebut biasanya terdapat dalam produk-produk susu. Pastikan Anda mem¬berikan susu yang memiliki kedua nutrien tersebut untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

Kunci utama untuk meng-atasi migrain dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium. Beberapa ma¬kanan yang banyak mengandung magnesium yaitu biji labu, bayam, cokelat (terutama cokelat hitam). Namun. bila semua itu belum mencukupi kebutuhan magnesium Anda, dapat pula ditambah dengan suplemen magnesium.


Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit kepala. Beberapa di antaranya telur yang direbus matang, keju, dan kacang-kacangan, Makanan tersebut banyak mengandung protein yang dapat mencegah terjadinya sakit kepala.


Bila Anda sering diserang sakit kepala sebaiknya Anda luangkan waktu sejenak untuk tidur pada siang hari. Gosokkan balsam secara memutar di bagian belakang leher dan pelipis untuk membantu melancarkan aliran darah.


Siapkan sepotong semangka berwarna merah lalu pandangi selama beberapa menit. Warna merah tersebut dapat memicu pelepasan adrenalin yang dapat membangkitkan energi. Kemudian pandangi tumbuhan hijau yang ada di sekitar Anda. Warna hijau tersebut dapat mengalihkan otak dari gelombang alpa stres ke gelombang beta yang tenang dan membuat kondisi mental Anda siap untuk berkonsentrasi.

Rasa nyeri pada kepala dapat berupa rasa berputar-putar atau rasa seperti ditusuk. Meredakan rasa nyeri seperti itu dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami, yakni minyak zaitun. Menurut ahli molekular gastronomi, minyak zaitun yang diperoleh dari hasil ekstrasi buah zaitun segar memiliki senyawa oleochantal seperti yang terkandung dalam obat penghilang nyeri.

Ada banyak hal yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak, antara lain melakukan aktivitas fisik atau olahraga, melakukan aktivitas yang menggabungkan tantangan dengan kecepatan, melindungi kepala dari benturan apa pun, membatasi diri dalam mengonsumsi alkohol maupun kafein, melakukan rileks secara konstruktif, dan memiliki waktu tidur yang cukup.


Kekuatan otak dapat ditingkatkan dengan memperbanyak konsumsi ikan, sayur, dan buah. Jenis ikan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak misalnya salmon, tuna, dan ikan-ikan lain yang tinggi asam lemak omega-3. Sayur-sayuran yang berdaun hijau tua dan buah blueberry juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan pada otak.


Makanan yang banyak mengandung vitamin B1 2 seperti yang terdapat dalam daging, ikan, dan susu ternyata dapat membantu memperkuat ingatan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan daya ingat disarankan untuk mengonsumi banyak makanan tersebut. Dagingmerahyang mengandung vitamin B12 tersebut dapat memproduksi glukosa yang merupakan bahan bakar kinerja otak.


Bagi Anda yang menderita migrain kini ada bahan alami yang mampu meredakan migrain tanpa harus mengonsumsi obat tertentu. Bahan alami tersebut adalah daun salam karena kandungan partenolidanya. Cukup rebus daun salam dan minum air rebusannya maka migrain akan berangsur hilang.

3 Cara Meningkatkan Kekuatan Otak


Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan untuk meningkatkan kekuatan otak dan mempertajam ingatan. Pertama, Anda harus membiasakan diri mengonsumsi ikan, makanlah 2 saji ikan setiap minggu. Kedua, Andajuga harus membiasakan makan salad setiap hari, sayuran hijau

memiliki khasiat yang sangat tinggi salah satunya yaitu vitamin E. Ketiga, jangan lupa memeriksakan gula darah dan pendengaran secara rutin. Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi daya tangkap otak dan kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak.

Hasil penelitian Wheeling Jesuit University menyatakan bahwa memakan beberapa potong cokelat susu dapat meningkatkan kejernihan dalam berpikir dan menambah kecepatan dalam berpikir. Theobromine dan phenethylamine yang terdapat dalam cokelat susu dapat meningkatkan darah ke frontal lobe otak yang mengatur perhatian.


Cokelat hitam ternyata dapat meningkatkan kejernihan berpikir, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kesejahteraan. Jadi, untuk kejernihan berpikir sangat disa-rankan untuk memakan cokelat hitam.


Menurut penelitian di Inggris, anak yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kemampuan mengingat yang lebih tajam dibandingkan anak yang kurang mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dipercaya dapat menghilangkan hormon stres pada anak melebihi 30%.


Salah satu penyebab seseorang lama dalam memilih kata yang tepat pada saat berbicara disebabkan kurangnya kualitas tidur, seperti jam tidur yang tidak teratur atau kurangnya waktu tidur. Cara termudah mengatasinya yaitu dengan menggerakkan tangan. Menurut hasil riset University of Chicago menggerakkan tangan pada saat berbicara dapat membantu ingatan Anda terhadap sesuatu yang ingin Anda katakan.

Empat langkah sederhana mengurangi risiko terserang stroke antara lain, mengatur pola makan sehat, berhenti merokok, melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar kolesterol secara rutin, serta rajin berolahraga. Menjalankan empat langkah tersebut dapat memantau kesehatan dan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko terserang stroke.
  • Cobalah berikan tantangan pada diri Anda, seperti melakukan outbond atau mengisi teka-taki silang.
  • Buatlah catatan rencana dalam sebuah notes, seperti janji-janji yang harus ditepati dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan.
  • Pusatkan konsentrasi Anda pada saat belajar sesuatu yang baru. Gunakan seluruh pancaindra Anda secara maksimal untuk mempelajarinya.
  • Berikan batasan waktu tertentu pada saat Anda mulai mempelajari sesuatu yang baru, misalnya Anda menargetkan dalam waktu satu minggu sudah dapat menguasai teknik bermain biola.
  • Lakukanlah interaksi sosial dengan orang lain sesering mungkin.
  • Jangan biarkan stres menghinggapi Anda, olahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.

Menurunkan Risiko Stroke

Menurut hasil riset Medical College of Georgia, kunyit atau curcumin secara berkala    menurunkan risiko ukuran   gumpalan darah yang  menjadi pemicu terjadinya stroke. Selain itu, para ahli juga menduga bahwa anti-inflammatory dan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga turut berperan dalam menurunkan risiko stroke.

Hasil riset membuktikan bahwa sarapan havermut dapat meningkatkan daya konsentrasi pada anak hingga 20%. Hal ini disebabkan havermut dapat mencegah penurunan energi yang akhirnya menyebabkan otak sulit untuk berpikir jernih.


Jongkoklah di lantai. Turunkan pinggul hingga menyentuh tumit sambil menghembuskan napas secara perlahan. Berbungkuklah ke depan hingga dahi menyentuh per-mukaan lantai. Regangkan tangan ke belakang dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Tarik napas dalam, tekan perut hingga ke paha dan lepaskan secara perlahan. Ulangi bernapas sebanyak empat kali.


Langkah awal untuk mencegah stres adalah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memicu datangnya stres. Setelah mengetahuinya, hindarilah dan mulailah menetapkan tujuan dan harapan secara realistis yang memungkinkan Anda dapat mewujudkannya. Jangan pernah membiarkan orang lain mengatur atau menuntut sesuatu yang tidak mungkin Anda capai. Hal penting terakhir agar tidak stres adalah luangkan waktu Anda setiap hari untuk rileksikan pikiran.

Duduklah di lantai atau di sebuah kursi dengan santai dan rileks. Kemudian pejamkan mata, ambil napas melalui hidung secara perlahan dan keluarkan. Rasakan setiap hembusan napas yang masuk atau keluar melalui hidung Anda. Sambil melakukan hal itu bayangkan tentang sesuatu yang membuat Anda rileks. Lakanlah kegiatan tersebut selama kurang lebih 20 menit sehari.


Stres dapat dipicu oleh makanan atau minuman. Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bila Anda tidak ingin terkena stres. Makanan dan minuman yang yang harus dihindari seperti kopi, teh, soda, dan cokelat karena dapat meningkatkan kadar hormon stres. Hindari mengonsumsi gula dan alkohol yang berlebihan karena dapat membahayakan kelenjar adrenal yang mengatur hormon stres.

Salah satu cara ampuh dalam mencegah stroke yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang alami seperti padi-padian utuh, ikan, jeruk, tomat, apel, sayuran kaya serat, dan air putih. Selain itu, kelola stres dengan bijak, tidak merokok. Lakukan olahraga seperti lari, berenang, lompat tali, atau aktivitas fisik kegemaran Anda lainnya.

Cara   yang   paling   mudah untuk meningkatkan IQ ialah bersosialisasi dengan orang lain. Menurut hasil riset University of Michigan, berbicara dan tertawa merupakan cara yang paling ampuh dalam melatih otak.

Berbicara & tertawa, dapat meningkatkan IQ


Mengatasi depresi tidak dapat dilakukan secara instan dan serta merta. Namun, bila Anda mengalami depresi, dapat dikurangi dengan olahraga dan perbanyak mendapatkan sinar matahari pagi.

Hirup udara pagi agar Anda Tidak mudah depresi


Bila mengalami stres yang disebabkan perasaan takut atau gelisah, mungkin Anda harus mempraktikkan tips berikut ini. Duduklah di kursi dengan posisi tubuh tegak. Lalu tarik napas panjang sambil mengangkat bahu ke arah telinga. Kemudian lepaskan napas secara perlahan-lahan dan ulangi kegiatan tersebut beberapa kali.


Cara menenangkan saraf dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folic acid (Mat), yaitu sejenis vitamin B yang meningkatkan semangat. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin Bl 2 dapat meningkatkan energi. Terakhir, pilih makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C, E, dan mineral untuk membantu memperbaiki sel-sel rusak akibat stres.


Salah satu manfaat yang diberikan oleh lemak adalah memperlancar fungsi sistem saraf. Selain itu, jenis lemak baik, seperti asam lemak tidak jenuh dapat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan gula darah dan menurunkan kolesterol jahat.


Salah satu alternatif yang dapat mengatasi gangguan yang terjadi pada saraf maupun pembuluh darah yakni terapi impuls. Terapi impuls merupakan metode pengobatan yang memadukan akupunktur, totok darah, tenaga dalam, dan manipulasi listrik.


Bila sulit berkonsentrasi, cobalah makan makanan yang banyak mengandung tyrosine dan phenylalanine, seperti yang terkandung dalam daging sapi atau ayam. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan terapi pijat yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak untuk konsentrasi sebesar 50%.


Stres merupakan suatu hal yang tak terhindarkan. Namun, ada banyak cara untuk menghentikannya, antara lain bermain kartu sambil bercerita atau mendengakan lelucon, melakukan aktivitas yang ritmik dan repititif, pergi ke taman untuk menghirup udara segar dan merasakan hangatnya sinar matahari, mengistirahatkan tubuh Anda, atau melakukan yoga.


Tindakan yang dilakukan dengan emosional kurang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Oleh karenanya, pengendalian perlu dilakukan.
Caranya:
  • Jangan selalu memikirkan hal-hal yang negatif dalam hidup. 
  • Belajarlah terbuka untuk menghindari stres. 
  • Cobalah mengenali perasaan sendiri. 
  • Bila emosi Anda sedang tidak stabil, cobalah teknik relaksasi.
Anda Mencari Artikel Kesesehatan Disini Aja

  1. Radang Tenggorokan, Penyebab Radang Tenggorokan
  2. Penyakit Asam Urat, Pengertian Penyakit Asam Urat
  3. Pengertian Penyakit Atritis, Penanganan Artitis
  4. Rakitis, Pengertian Penyakit, Rakititis, Tanda dan Gejala Rakitis
  5. Gangguan Pada Sitem Gerak, Fraktur, Patah Tulang, Jenis Fraktur, Penanggulangan fraktur
  6. Penyakit Berbahaya, AIDS dan Penularan Seksual, Penyebab HIV
  7. Penularan HIV, Kontaminasi Pantogen Melalui Darah, Penularan masa Perinatal, Pencegahan, Hubungan Seksual
  8. Pentingnya Kesehatan Jantung
  9. Ikan Gabus sebagai Obat Penyakit Kanker, Gagal Ginjal
  10. Tampilan Slide Analgetika, Analgesik, Patologi Nyeri, Reseptor Nyeri
  11. Contoh Slide, Neoplasma, Hipertrofia, Metaplasia, Displasia, Karsinoma In Situ
  12. Contoh Slide Patologi Anatomi
  13. Penyebab Infeksi Pada Manusia
  14. Presentasi LUKEMIA AKUT
  15. Chlamydia Trachomatis, Pengertian Chlamydia Trachomatis
  16. Teknik Menyusui Yang Baik dan Perawatan Payudara
  17. Membangun Budaya Kesehatan Pasien Dalam Praktik Kedokteran
  18. Penyakit Menular, Influenza, Tuberkulosis (TBC), Muntaber
  19. Penyebab Susah Buang Air Besar dan Penanggulanginya
  20. Pengobatan Stroke Pendarahan Dengan Minum Propolis
  21. Mengenal Penyakit dan Perawatan Mata
  22. Batasan dan Jenis Penelitian Kesehatan
  23. Metode Penelitian Kesehatan
  24. Tips Kesehatan dengan Mejaga Pola Makan Sehat, Sinyal Tubuh Ketika Kekurangan Nutrisi
  25. Sistim Kekebalan Tubuh PowerPoint
  26. Definisi Radioterapi, Radiasi, Alat-Alat Radio Terapi, Pesawat Radioterapi, Sumber Radiasi
  27. Leukemia, Epidemiologi, Patogenesis, Leukemia Akut
  28. Adakah Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan
  29. Radang Lambung dan Usus, Masa Inkubasi, Gejala Radang Lambung dan Usus, Penyebab, Pencegahan
  30. Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
  31. Pengertian Dislokasi, Penanganan Dislokasi
  32. Gejala Ginjal, Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal, Pengobatan Penyakit Ginjal
  33. Pengertian Stroke, Penanganan Penyakit Stroke, Penyebab Penyakit Stroke
  34. Gejala Penyakit Serangan Jantung
  35. Jantung Rematik, Penyebab Penyakit Jantung Rematik, Pencegahan Penyakit Jantung Rematik
  36. Penyakit Tulang Osteoporosis, Penanganan, Pengobatan
  37. Cara Mencegah, Pengobatan, Penyakit Jantung Sebagai Wujud Membuat Kesehatan Jantung Jadi Utama
  38. Kesehatan Lingkungan, Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan, Tujuan Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan
  39. Telemedecine Technology, Definisi Telemechine
  40. AMD global Telemedicine Mengangkat Teknologi Telemedicine klinis dengan Next Generation AGNES Interactive®
  41. Manfaat Sarapan Dengan Gizi Seimbang
  42. Cara Mendaftar BPJS Online Pake Komputer dan HP
  43. Pengobatan Penyakit Demam Ala Rasulullah
  44. Pengertian Dasar Pendidikan | Pedagogi | Andragogi atau Pendidikan Orang Dewasa
  45. Pengertian Pendidikan Kesehatan dan Kesehatan Gigi
  46. Tujuan Pendidikan Kesehatan Gigi, Proses Pendidikan Kesehatan
  47. Peran Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Gigi
  48. Tips untuk Menjaga Kesehatan Otak, Mencegah Kebocoran Brain-Barrier
  49. Pengertian Belajar Mengajar Kesehatan Gigi, Hakikat Belajar Mengajar, Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan Kesehatan Gigi
  50. Gangguan pada Sistem Pencernaan, Hepatitis, Virus hepatitis
  51. Penyakit Menular Seksual, Gonore, Gejala, Pengobatan
  52. Mengenal Penyakit Sifilis, Gejala Penyakit Sifilis
  53. Mengenal Penyakit Herpes Genitali
  54. Ilmu Penyakit Mata, Mengenal Jenis Katarak, Definisi Katarak, Jenis-jenis operasi katarak
  55. Jenis-jenis Operasi Katarak Mengatasi Gangguan Pelihatan di Usia Senja
  56. Makanan dan Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami
  57. Penyebab Asam Urat, Gejala Klinis Asam Urat, Penyeb Peningkatan Kadar Asam Urat
  58. Jenis Makanan Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Asam Urat
  59. Masalah Pada Protein Hewani yang Berlebihan
  60. Gula Olahan, Efek Merugikan dari Asupan Gula Berlebihan
  61. Garam, Berapa banyak Garam?, Kelemahan dari Garam
  62. Penyedap, Perangsang, dan Rempah-rempah