Artikel Kesehatan Mata Sebagai Jendela Surga Dunia


Mata, Jendela Surga Dunia. Kenapa mata dikatakan sebagai Jendela Surga Dunia. Karena mata merupakan anugerah terbesar yang di berikan Sang Pencipta kepada kita, Dengan adanya mata kita bisa menikmati segala keindahan yang ada, maka dari itu rawatlah mata.

Ungkapan mata adalah jendela dunia, benar dan tidak berlebihan. Apa yang dikatakan tentang mata merupakan suatu apresiasi dari kerja dan peran mata sebagai alat untuk melihat. Dengan indra mata, kita mempunyai kemampuan dan peran yang begitu luar biasa dalam hidup.
Dengan mata kita bisa melihat kejadian apa yang terjadi disekitar, baik itu gerak, raut wajah, isyarat dan bahkan sesuatu yang berada di balik tabir sekalipun. Tanpa mata maka hidup terasa hampa dan gelap, karena tidak bisa melihat semua yang ada di sekitarnya, walaupun masih bisa merasakan dan mendengar semuanya. Anda mungkin tidak dapat membayangkan bagaimana kalau hidup tidak memiliki mata. Semuanya jadi gelap, hampa, monoton dan bisa jadi hidup akan terasa membosankan. Oleh karena itu, ada yang berkata bahwa jika seseorang kehilangan mata atau penglihatannya terganggu sehingga berakibat tidak bisa melihat, atau pandangan sudah kabur, orang tersebut seperti kehilangan separuh dalam hidup ini. Hal ini tidaklah berlebihan karena mata adalah segala-galanya dalam menjalankan kegiatan dalam kehidupan.

Begitu pentingnya indra mata bagi kehidupan manusia, bahkan ada ungkapan bahwa mata juga disebut sebagai jendela kecantikan. Kenapa bisa begitu? Karena mata selain sebagai indra penglihatan bagi manusia juga mempunyai fungsi sebagai alat kecantikan. Mata yang normal, sehat, dan lentik akan membuat seseorang akan terlihat lebih cantik. Sehingga tidak heran apabila banyak kaum hawa yang melakukan perawatan mata secara khusus dan memberi berbagai aksesori agar matanya terlihat indah menawan. Memang ungkapan sebagai bentuk penghargaan pada mata tersebut tidaklah salah. Hal ini makin menunjukkan bahwa mata adalah organ vital pada diri manusia yang tidak hanya berfungsi sebagai indra penglihatan akan tetapi jauh dari pada itu juga berfungsi sebagai keindahan. Dengan mata yang indah membuat seorang terlihat cantik atau tampan. Dan juga hal ini berlaku untuk kebalikannya.

Jadi mata adalah Anugerah Tuhan yang tak bisa di nilai harganya dengan uang yang miliaran. Mata bukan hanya jendela dunia akan tetapi juga merupakan jendela surga. Dengan mata hidup terasa indah dan nyaman. Kenapa? Anda bisa melihat pemandangan alam yang mempesona, binatang, burung-burung yang berterbangan, rembulan di malam purnama, lautan yang seolah-olah tidak bertepi, dan segala macam perpaduan warna yang menawan dan berbagai bentuk yang beraneka ragam. Dapatlah di pastikan Anda tidak akan bisa menikmati semua hiruk pikuk keindahan kemolekan alam raya ini tanpa adanya sebuah bola mata. Jadi memang penting perannya keberadaan mata bagi kehidupan manusia. Tanpa mata segala-galanya tidak ada artinya walau mata bukanlah segalanya.
Dengan Mata juga sangat menolong kita dalam melakukan kegiatan kehidupan sehari-hari karena penglihatan dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk merencanakan segala sesuatu secara matang. Tak dipungkiri lagi bahwa semua jenis kesuksesan yang telah diraih manusia selama ini tidak bisa terlepas dari peranan sebuah penglihatan yang baik. Meskipun banyak faktor lain yang mempengaruhi. Dengan indera mata manusia dapat menjangkau di dunia luar dari dirinya. Seseorang dapat mempelajari konsep-konsep atau rumus-rumus penting tanpa melewati pengajaran secara khusus. Dengan mata seseorang bisa mengamati, memperhatikan dan mengingat segala sesuatu yang penting bagi dirinya.

Di zaman modernisasi yang kita lihat dengan derasnya arus teknologi dan informasi ini, maka peranan mata sangatlah vital. Dengan adanya mata seseorang mempunyai kemampuan untuk mengolah informasi di lingkungan yang ada disekitarnya. Tidaklah sama dengan seseorang yang mengalami gangguan pada mata sehingga berakibat tidak bisa mengakses informasi dan teknologi secara mendalam. Dengan tingkat penglihatan yang baik akan menjadikan seseorang memiliki kesempatan yang luas dalam mengakses informasi dan menggunakan teknologi yang terbaru. Seandainya akses terhadap kedua arus dapat diberdayakan seseorang makan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan segala kemampuan di punyainya.

Kondisi tersebut akan jauh berbeda bila mata Anda tidak berfungsi secara normal atau tidak sebagaimana mestinya. Dapatlah dibayangkan apabila secara tiba-tiba tidak bisa melihat secara normal karena gangguan atau penyakit pada mata. Tentunya tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi. Anda juga tidak bisa merasakan keindahan alam sekitar dan panorama lainnya. Bahkan Anda tidak bisa beraktivitas semaksimal mungkin dalam bekarya. Otomatis kondisi ini akan membuat perkembangan kemampuan Anda menjadi sangat terganggu. Terutama hal-hal yang membutuhkan penglihatan dan ketajaman indra mata. Oleh karena itu, tiada jalan lain selain menjaga kesehatan mata secara lebih teliti. Hal ini karena mata memiliki kesamaan dengan anggota tubuh lainnya yang dapat terkena gangguan dan juga penyakit yang membut fungsinya jadi berkurang atau tidak dapat dipakai sama sekali.

Perlu adanya kesadaran dari kita sendiri bahwa mata adalah salah satu jendela surganya dunia akan membuat kita serius lagi dalam menjaga kesehatan mata. Selain hal itu yang perlu kita lakukan adalah dengan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita terutama tentang kenikmatan bisa melihat. Rasa syukur ini akan membuat seseorang lebih menghargai, memperhatikan dan menjaga kesehatan mata itu sendiri dari sebelumnya. Sebab dengan turut merawat dan menjaga agar mata tetap sehat dapat menjadi tindakan dari rasa syukur tersebut. Orang yang bersyukur akan memiliki lebih perhatian dan penghargaan terhadap segala sesuatu yang disyukurinya, meskipun hanya sedikit.
Orang yang bersyukur tidak akan melakukan hal-hal yang menurutnya bisa merugikan apa yang telah disyukurinya.

Di sini dapat kita ketahui bahwa upaya untuk menjaga kesehatan mata merupakan bagian dari wujud rasa syukur terhadap "jendela surga" kita ini. Oleh karena itulah sudah semestinya kita lebih memperhatikan lagi dan menjaga agar kesehatan mata tetap terpelihara.

Salah satu caranya ialah dengan mengetahui segala gangguan dan penyakit mata beserta penyebabnya. Misalnya, kondisi usia, kebiasaan, lingkungan hidup dan genetik dapat mempengaruhi gangguan penyakit pada mata. Usia seseorang yang semakin bertambah membuat kemampuan akomodasi mata juga berkurang. Begitu juga lingkungan hidup, yang dapat terjadi karena adanya udara kotor dan radiasi sinar matahari.

Gangguan kesehatan mata pada umumnya terjadi karena adanya penurunan fungsi mata, gejala mata merah, turunnya fungsi penglihatan mata dan lainnya. Hal ini dapat dilihat misalnya terlalu lama duduk di depan komputer, memainkan gadget dengan waktu yang lama, membaca buku dengan jarak yang tidak sesuai dengan batas normal kesehatan.

Masalah kesehatan mata tidak hanya menjadi masalah kesehatan semata, tetapi sudah menjadi masalah sosial akibat kebutaan yang cukup tinggi. Penanggulangan kesehatan mata tidak mungkin dapat di atasi oleh sektor kesehatan semata, namun sangat penting peran yang lainnya termasuk partisipasi masyarakat luas. Sebab menurut fenomena yang kita lihat sehari-hari, lebih dari separuh kebutaan tersebut diakibatkan oleh katarak, yang semestinya dapat di cegah dengan cara operasi.

Namun karena kurangnya penyuluhan terhadap masyarakat maka tidak semua penderita katarak dapat ditolong sebagaimana mestinya. Memang masalah kesehatan mata tidak menimbulkan kematian pada diri penderita akan tetapi dapat menyebkan kebutaan total.

Tekanan dara tinggi, penyakit jantung dan diabetes yang tidak terkontrol bisa merusak mata, atau secara harafiah membuat buta jutaan orang di dunia.

Penyakit mata dan kebutaan akan meningkat terutama bagi mereka yang sudah berumur di atas 65 tahun. Gangguan penyakit mata juga akan membenani masyarakat lainnya dalam kaitannya dengan indikator kesehatan. Selain angka kebutaan, kelainan dan gangguan pada mata pun cukup tinggi. Gangguan-gangguan pada mata biasanya hanya sepele dan mudah diatasi, akan tetapi jika masyarakat tidak tahu bagaimana caranya mengatasinya akan menjadi masalah atau penyakit. Oleh karena hal tersebut maka sudah sepantasnya kita dapat menjaga, menghindari dan menanggulangi jika gangguan penyakit mata tersebut sedang menyerang kita.

Untuk mencegah terjadinya gejala gangguan  pada kesehatan mata, maka sudah sepatutnyalah kita mengetahui aneka makanan untuk mata sehat dan obat-obatan atau resep yang bisa mengobati mata sakit.


Mengenal Indra Mata


Mata adalah sesuatu yang ada dalam diri kita, sesuatu yang amat dekat. Namun sering kali kita tidak mengetahuinya, apa itu mata. Ada kalanya kita juga kita tidak dapat mengenali pengertiannya secara tepat, padahal indra penglihatan itu setiap hari kita pakai untuk aktivitas apapun. Memang kedengarannya amat ironis, sesuatu yang amat dekat dan amat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-haris justru tidak diberi ruang definisi yang tepat. Hal ini karena kita tidak begitu sadar bahwa mata itu sangat penting bagi kita dan perlu mendapat perhatian serius setiap harinya. Tidak hanya sekedar dipandingi dalam cermin, diberi "perhiasan" atau lainnya. Tetapi lebih dari itu adalah direnungkan setiap harinya tentang fungsi dan perannya yang sangat vital. Memberi definisi yang tepat merupakan salah satu bentuk dari perhatian kita terhadap mata dan jalan untuk mengenalnya secara lebih dalam lagi.

Sebelum kita mengenal segala gangguan dan jenis penyakit mata alangkah baiknya jika kita lebih dulu mengenal apa itu indra mata. Bagaimana pengertian, fungsi, bagian-bagiannya dan bagaimana gambaran mata sehat itu.


Pengertian Mata

Kita perlu memberi pengertian terlebih dahulu tentang apa itu mata. Tujuannya adalah agar kita dapat memahami dan memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Sebab adakalanya kita memang cenderung mengabaikan dan melupakan organ manusia yang satu ini, hanya karena kita tidak memiliki pengertian yang pas dengan sesuatu yang terletak di kepala kita tersebut. Karena tidak memiliki memori yang menyimpan pengertian tentang indra mata, sehingga cenderung melupakannya. Seringnya kita memperhatikan dan memberikan sentuhan-sentuhan yang lembut baru setelah mata kita tersebut sedang memiliki gangguan atau penyakit tertentu barulah kita menyadari bahwa memperhatikan kesehatan mata itu sangat penting artinya.
Anda Mencari Artikel Kesesehatan Disini Aja

  1. Radang Tenggorokan, Penyebab Radang Tenggorokan
  2. Penyakit Asam Urat, Pengertian Penyakit Asam Urat
  3. Pengertian Penyakit Atritis, Penanganan Artitis
  4. Rakitis, Pengertian Penyakit, Rakititis, Tanda dan Gejala Rakitis
  5. Gangguan Pada Sitem Gerak, Fraktur, Patah Tulang, Jenis Fraktur, Penanggulangan fraktur
  6. Penyakit Berbahaya, AIDS dan Penularan Seksual, Penyebab HIV
  7. Penularan HIV, Kontaminasi Pantogen Melalui Darah, Penularan masa Perinatal, Pencegahan, Hubungan Seksual
  8. Pentingnya Kesehatan Jantung
  9. Ikan Gabus sebagai Obat Penyakit Kanker, Gagal Ginjal
  10. Tampilan Slide Analgetika, Analgesik, Patologi Nyeri, Reseptor Nyeri
  11. Contoh Slide, Neoplasma, Hipertrofia, Metaplasia, Displasia, Karsinoma In Situ
  12. Contoh Slide Patologi Anatomi
  13. Penyebab Infeksi Pada Manusia
  14. Presentasi LUKEMIA AKUT
  15. Chlamydia Trachomatis, Pengertian Chlamydia Trachomatis
  16. Teknik Menyusui Yang Baik dan Perawatan Payudara
  17. Membangun Budaya Kesehatan Pasien Dalam Praktik Kedokteran
  18. Penyakit Menular, Influenza, Tuberkulosis (TBC), Muntaber
  19. Penyebab Susah Buang Air Besar dan Penanggulanginya
  20. Pengobatan Stroke Pendarahan Dengan Minum Propolis
  21. Mengenal Penyakit dan Perawatan Mata
  22. Batasan dan Jenis Penelitian Kesehatan
  23. Metode Penelitian Kesehatan
  24. Tips Kesehatan dengan Mejaga Pola Makan Sehat, Sinyal Tubuh Ketika Kekurangan Nutrisi
  25. Sistim Kekebalan Tubuh PowerPoint
  26. Definisi Radioterapi, Radiasi, Alat-Alat Radio Terapi, Pesawat Radioterapi, Sumber Radiasi
  27. Leukemia, Epidemiologi, Patogenesis, Leukemia Akut
  28. Adakah Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan
  29. Radang Lambung dan Usus, Masa Inkubasi, Gejala Radang Lambung dan Usus, Penyebab, Pencegahan
  30. Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
  31. Pengertian Dislokasi, Penanganan Dislokasi
  32. Gejala Ginjal, Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal, Pengobatan Penyakit Ginjal
  33. Pengertian Stroke, Penanganan Penyakit Stroke, Penyebab Penyakit Stroke
  34. Gejala Penyakit Serangan Jantung
  35. Jantung Rematik, Penyebab Penyakit Jantung Rematik, Pencegahan Penyakit Jantung Rematik
  36. Penyakit Tulang Osteoporosis, Penanganan, Pengobatan
  37. Cara Mencegah, Pengobatan, Penyakit Jantung Sebagai Wujud Membuat Kesehatan Jantung Jadi Utama
  38. Kesehatan Lingkungan, Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan, Tujuan Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan
  39. Telemedecine Technology, Definisi Telemechine
  40. AMD global Telemedicine Mengangkat Teknologi Telemedicine klinis dengan Next Generation AGNES Interactive®
  41. Manfaat Sarapan Dengan Gizi Seimbang
  42. Cara Mendaftar BPJS Online Pake Komputer dan HP
  43. Pengobatan Penyakit Demam Ala Rasulullah
  44. Pengertian Dasar Pendidikan | Pedagogi | Andragogi atau Pendidikan Orang Dewasa
  45. Pengertian Pendidikan Kesehatan dan Kesehatan Gigi
  46. Tujuan Pendidikan Kesehatan Gigi, Proses Pendidikan Kesehatan
  47. Peran Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Gigi
  48. Tips untuk Menjaga Kesehatan Otak, Mencegah Kebocoran Brain-Barrier
  49. Pengertian Belajar Mengajar Kesehatan Gigi, Hakikat Belajar Mengajar, Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan Kesehatan Gigi
  50. Gangguan pada Sistem Pencernaan, Hepatitis, Virus hepatitis
  51. Penyakit Menular Seksual, Gonore, Gejala, Pengobatan
  52. Mengenal Penyakit Sifilis, Gejala Penyakit Sifilis
  53. Mengenal Penyakit Herpes Genitali
  54. Ilmu Penyakit Mata, Mengenal Jenis Katarak, Definisi Katarak, Jenis-jenis operasi katarak
  55. Jenis-jenis Operasi Katarak Mengatasi Gangguan Pelihatan di Usia Senja
  56. Makanan dan Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami
  57. Penyebab Asam Urat, Gejala Klinis Asam Urat, Penyeb Peningkatan Kadar Asam Urat
  58. Jenis Makanan Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Asam Urat
  59. Masalah Pada Protein Hewani yang Berlebihan
  60. Gula Olahan, Efek Merugikan dari Asupan Gula Berlebihan
  61. Garam, Berapa banyak Garam?, Kelemahan dari Garam
  62. Penyedap, Perangsang, dan Rempah-rempah