Pengertian Sakit Orang Awam Secara Umum

Pengertian Sakit Orang Awam Secara Umum


Pada artikel ini akan mengupas tentang pengertian penyakit menurut orang awam pada umumnya dan tidak berdasarkan disiplin ilmu terutama kedokteran. Namun jika ada kesamaan itu merupakan kebetulan saja. Dan jika tidak ada kesamaan jangan digundahkan karena admin blog bukan seorang dokter spesialis yang mempelajari ilmu kedokteran. Adapun tujuan admin menerbitkan artikel ini hanya bersifat pesan agar yang lagi menderita sakit dapat berfikir dan berpandangan lebih mengenai sebab sakit serta cara pengobatannya. Tidak hanya terpaku pada satu pandangan yaitu sakit hubungannya hanya dengan dokter ataupun rumah sakit. 

Padahal dokter maupun rumah sakit sudah berusaha berbagai cara tetapi mengalami kesulitan untuk dapat menemukan penyebab sakit dari pasiennya itu.


Pengertian sakit dalam artikel ini dimaksudkan adalah kondisi tidak normal baik keadaan maupun rasa dari organ atau bagian-bagian tubuh maupun tubuh manusia secara keseluruhannya, yang dirasakan dan dipandang oleh sipenderita atau masyarakat umum.


Kalau begitu bagaimana kalau orang sejak lahir memang mengalami yang demikian?

Jawaban menurut batasan ini mereka termasuk sakit bawaan sejak lahir, meskipun yang bersangkutan tidak merasakannya.

Sakit atau cacat bawaan sejak lahir cukup banyak variasinya. Misalnya bibir sumbing, buta, tuli, tidak bisa bicara, dan para tuna grahita yang begitu banyak macam dan variasinya.

Itu hal-hal yang bersifat pisik. Sedangkan yang bersifat mental meskipun keadaan tubuh secara pisiknya tidak mengalami kecacatan, tetapi jiwanya tidak normal misalnya autis (asik-asik dengan dirinya baik ringan maupun berat), gila, ayan dan lain-lain. Sedang orang yang semula baik-baik saja, karena tekanan suatu keadaan atau keinginannya tidak tercapai menjadi orang stres jelas termasuk sakit, meskipun organ tubuhnya tidak mengalami perubahan. 


Begitu pula hal-hal yang sejenisnya misalnya gila karena tekanan hidup.

Bagaimana kalau seseorang tampaknya biasa saja normal seperti orang pada umumnya, tetapi karena kegagalan cinta pertamanya kemudian tidak kawin-kawin?

Hal ini berdasarkan dari pengalaman S. Sosrobirowo seorang penulis buku, ketika dia bertemu dengan seorang wanita dirumah salah satu sanak familinya dengan mengatakan bahwa dia datang kerumah tersebut untuk berobat!

Ini kisah singkatnya !

Berdasarkan keterangan yang di peroleh dari wanita itu dia semula punya pacar lalu gagal. Setelah sudah sekian lama pertanyaannya mengapa tidak ada laki-laki lain lagi yang mau dengannya. Pada hal wanit ini berumur sekitar 30 tahunan, wajahnya tidak terlalu jelek walaupun dia seorang gadis desa. Pekerjaan ada, yaitu bekerja di sebuah toko di pasar kota kecamatan di daerahnya dan orangnyapun pandai bicara artinya komunikatif (grapyak= bahasa jawanya), tetapi dia merasa heran dengan dirinya kok selepas putus dari pacarnya yang dulu tidak ada lagi pria yang mau mendekatinya.

Menurutnya ini aneh. Lhawong wanita-wanita yang lebih jelek dari dirinya dan keadaannya jauh dibawah dirinya saja bisa pada kawin mengapa dia tidak ada pria yang mau dengan dirinya lagi?
Tentu ada apa dia itu katanya. Karena itu dia datang kerumah famili  S. Sosrobirowo untuk "berobat" kebetulan keponakan dari S. Sosrobirowo bisa mengobati sakit-sakit yang disebabkan hal-hal yang bersifat ghaib. Pertanyannya apakah wanita itu tergolong sakit ?

Kasus wanita (sebut saja dengan nama Niken) tersebut perlu pengkajian. Jika ditilik dari keadaan pisik dan hubungan atau komunikasi dengan orang lain tampaknya niken tidak sakit. 

Tetapi sabagai seorang wanita desa yang normal dia merasakan sesuatu yang dianggap aneh atau tidak umum. Pribadi Niken walaupun seorang wanita desa dengan naluri kedesaannya meyakini bahwa dirinya ada penyakit atau sakit.

Karena tidak umum. Pikiran seperti Nikan ini walaupun wanita desa perlu ditiru. Sebab hidupnya masih menggunakan naluri desa perawan tua di desa dipandang tidak laku ini adalah penyakit. 

Dari kondisi pisik dan kehidupan di desanya yang tergolong lumayan, mengapa setelah putus cinta pertama tidak ada pria lain yang mau? 

Tentu ini suatu keadaan tidak normal atau sakit. Maka Niken lalu "berobat". Jadai pada diri Niken sendiri sudah dapat menemukan bahwa dirinya sakit. Dan hal yang demikian menurut pengertian yang admin sebutkan sebelumnya termasuk dalam kategori sakit.

Kemajuan kehidupan modern karena lebih menggunakan "akal" dari pada "perasaan" hati nuraninya, maka orang normal tidak kawin dianggap biasa yang penting hidupnya tidak membuat susah orang lain. Padahal jika ditinjau dari norma kayaknya kurang pas. Kecuali bagi orang-orang yang menganut suatu ajaran tertentu atau orang-orang menjalani laku hidup dengan istilah "wadat". Wadat artinya menjalani laku tidak berhubungan dengan lawan jenis. Kehidupan modern pada hal lebih lekat dengan orang yang berpendidikan. Mengapa tidak berfikir seperti "Niken" wanita desa di atas? Mungkin karena gampangnya hidup.
Dikota-kota besar dijumpai orang-orang normal sampai umurnya tua tidak kawin! Padahal jika disimak dari pendidikan dan kondisi kehidupannya tergolong sangat mapan. Tetapi untuk berpikir seperti Niken tampaknya tidak sampai kesi. Mengapa? mungkin jodoh itu ditangan Tuhan. Kalau belum ada jodoh berarti Tuhan yang salah?

Apa Begitu ?
Apalagi jika berobat tidak ke dokter atau rumah sakit ini namanya bukan berobat. Hal ini memaknakan pandangan sakit, hubungannya "hanya"  dengan dokter atau rumah sakit. Jadi sakit hubungannya absolut dengan dengan dokter atau rumah sakit. Makanya kalau ada orang yang berobat ke kepada selain dokter itu dianggap kedukun dan dalam ajaran tertentu mengatakan "sirik".

Padahal yang suka membuat orang supaya sakit dengan cara lewat media ghaib, orangnya juga menganut keyakinan tertentu atau sama dengan yang menderita sakit.

Orang-orang yang dikatakan modern tetapi tidak hidup layaknya orang dewasa, kawin atau hubungan lawan jenis, jika itu benar-benar terjadi itu berarti ada sesuatu tidak benar atau sakit. Orang-orang modern yang keterlanjuran tidak kawin jika orang orang normal, pada hakekatnya mereka dapat dikatakan setidak-tidaknya sakit "takut" atau sakit "Khwatir" atau sakit "Kalau - kalau dan sebagainya. 
Karena itu seharusnya berpikir seperti Niken wanita desa. Karena masalah sakit pada dasarnya prilaku hidup yang tidak normal itu juga dikatakan sakit dalam pengertian yang di maksudkan dalam artikel ini. Sebab sakit ternyata tidak hanya bersifat lahiriyah tetapi juga dari segi rasa kehidupan. Hidup di desa seperti Niken masih menggunakan rasa, sedangkan orang modern seperti tersebut diatas, memaksakan tidak menggunakan rasanya, walaupun sebenarnya mereka merasakan hal itu tetapi tidak mau berobat seperti Niken.

Kembali pada pokok  masalah, pengertian sakit tersebut berlaku untuk semua orang baik bayi, anak-anak, remaja, dewasa, orangtua maupun lansia. 

Dan juga untuk semua jenis kelamin pria maupun wanita, laki-laki ataupun perempuan, dan juga untuk waria. Pendek kata untuk manusia. Sekalipun yang bersangkutan sendiri merasakan tidak sakit.
Contoh buta, tuli, bisu sejak lahir. Gangguan jiwa baik berat maupun ringan, walaupun mereka sendiri tidak merasakannya. Oleh karena itu ternyata masalah sakit itu begitu luas cakupannya. Baik sakit yang tampak maupun yang tidak kelihatan.

Dalam kehidupan sehari-hari dengan kian tingginya kemajuan dalam bidang pengobatan maka timbul bidang-bidang spesialis untuk pengobatan-pengobatan penyakit. Di bidang kedokteran berkembang pesat adanya spesialis-spesialis. Misalnya jantung, ginjal, paru-paru, syaraf, Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT), mata, jiwa dan lain-lain.

Pengobatan alternatif pun banyak bermunculan urut, totok untuk memperlancar peredaran darah, tetapi dengan alat modern untuk memperlancar peredaran darah, pengobatan sakit karena gangguan gaib dan banyak lagi cara pengobatan dengan doa-doa, air putih dan lain-lain.

Cara pengobatan tersebut baik untuk sakit yang disebabkan faktor-faktor yang nyata maupun yang disebabkan hal-hal yang tidak nyata.

Dari kenyataan sakit yang ada itulah kami mencoba untuk memberikan gambaran sekilas telang masalah sakit, supaya orang pada umumnya tidak hanya berpandangan bahwa sakit itu hubungannya hanya dengan dokter atau rumah sakit. Jika sakit kalaupun tampa hanya ringan misalnya panas, sudah berobat ke dokter bahkan sudah diopname sekali dua kali namun tidak kunjung sembuh, maka dapat mencari cara pengobatan lain. Karena memang banyak ditemukan adanya sakit karena gangguan-gangguan gaib. Atau sakit karena sebab lain misalnya kena teluh atau sumpah orang tuanya dan lain-lain.

Simak selanjutnya tentang Alam di Bumi 
Anda Mencari Artikel Kesesehatan Disini Aja

  1. Radang Tenggorokan, Penyebab Radang Tenggorokan
  2. Penyakit Asam Urat, Pengertian Penyakit Asam Urat
  3. Pengertian Penyakit Atritis, Penanganan Artitis
  4. Rakitis, Pengertian Penyakit, Rakititis, Tanda dan Gejala Rakitis
  5. Gangguan Pada Sitem Gerak, Fraktur, Patah Tulang, Jenis Fraktur, Penanggulangan fraktur
  6. Penyakit Berbahaya, AIDS dan Penularan Seksual, Penyebab HIV
  7. Penularan HIV, Kontaminasi Pantogen Melalui Darah, Penularan masa Perinatal, Pencegahan, Hubungan Seksual
  8. Pentingnya Kesehatan Jantung
  9. Ikan Gabus sebagai Obat Penyakit Kanker, Gagal Ginjal
  10. Tampilan Slide Analgetika, Analgesik, Patologi Nyeri, Reseptor Nyeri
  11. Contoh Slide, Neoplasma, Hipertrofia, Metaplasia, Displasia, Karsinoma In Situ
  12. Contoh Slide Patologi Anatomi
  13. Penyebab Infeksi Pada Manusia
  14. Presentasi LUKEMIA AKUT
  15. Chlamydia Trachomatis, Pengertian Chlamydia Trachomatis
  16. Teknik Menyusui Yang Baik dan Perawatan Payudara
  17. Membangun Budaya Kesehatan Pasien Dalam Praktik Kedokteran
  18. Penyakit Menular, Influenza, Tuberkulosis (TBC), Muntaber
  19. Penyebab Susah Buang Air Besar dan Penanggulanginya
  20. Pengobatan Stroke Pendarahan Dengan Minum Propolis
  21. Mengenal Penyakit dan Perawatan Mata
  22. Batasan dan Jenis Penelitian Kesehatan
  23. Metode Penelitian Kesehatan
  24. Tips Kesehatan dengan Mejaga Pola Makan Sehat, Sinyal Tubuh Ketika Kekurangan Nutrisi
  25. Sistim Kekebalan Tubuh PowerPoint
  26. Definisi Radioterapi, Radiasi, Alat-Alat Radio Terapi, Pesawat Radioterapi, Sumber Radiasi
  27. Leukemia, Epidemiologi, Patogenesis, Leukemia Akut
  28. Adakah Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan
  29. Radang Lambung dan Usus, Masa Inkubasi, Gejala Radang Lambung dan Usus, Penyebab, Pencegahan
  30. Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
  31. Pengertian Dislokasi, Penanganan Dislokasi
  32. Gejala Ginjal, Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal, Pengobatan Penyakit Ginjal
  33. Pengertian Stroke, Penanganan Penyakit Stroke, Penyebab Penyakit Stroke
  34. Gejala Penyakit Serangan Jantung
  35. Jantung Rematik, Penyebab Penyakit Jantung Rematik, Pencegahan Penyakit Jantung Rematik
  36. Penyakit Tulang Osteoporosis, Penanganan, Pengobatan
  37. Cara Mencegah, Pengobatan, Penyakit Jantung Sebagai Wujud Membuat Kesehatan Jantung Jadi Utama
  38. Kesehatan Lingkungan, Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan, Tujuan Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan
  39. Telemedecine Technology, Definisi Telemechine
  40. AMD global Telemedicine Mengangkat Teknologi Telemedicine klinis dengan Next Generation AGNES Interactive®
  41. Manfaat Sarapan Dengan Gizi Seimbang
  42. Cara Mendaftar BPJS Online Pake Komputer dan HP
  43. Pengobatan Penyakit Demam Ala Rasulullah
  44. Pengertian Dasar Pendidikan | Pedagogi | Andragogi atau Pendidikan Orang Dewasa
  45. Pengertian Pendidikan Kesehatan dan Kesehatan Gigi
  46. Tujuan Pendidikan Kesehatan Gigi, Proses Pendidikan Kesehatan
  47. Peran Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Gigi
  48. Tips untuk Menjaga Kesehatan Otak, Mencegah Kebocoran Brain-Barrier
  49. Pengertian Belajar Mengajar Kesehatan Gigi, Hakikat Belajar Mengajar, Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan Kesehatan Gigi
  50. Gangguan pada Sistem Pencernaan, Hepatitis, Virus hepatitis
  51. Penyakit Menular Seksual, Gonore, Gejala, Pengobatan
  52. Mengenal Penyakit Sifilis, Gejala Penyakit Sifilis
  53. Mengenal Penyakit Herpes Genitali
  54. Ilmu Penyakit Mata, Mengenal Jenis Katarak, Definisi Katarak, Jenis-jenis operasi katarak
  55. Jenis-jenis Operasi Katarak Mengatasi Gangguan Pelihatan di Usia Senja
  56. Makanan dan Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami
  57. Penyebab Asam Urat, Gejala Klinis Asam Urat, Penyeb Peningkatan Kadar Asam Urat
  58. Jenis Makanan Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Asam Urat
  59. Masalah Pada Protein Hewani yang Berlebihan
  60. Gula Olahan, Efek Merugikan dari Asupan Gula Berlebihan
  61. Garam, Berapa banyak Garam?, Kelemahan dari Garam
  62. Penyedap, Perangsang, dan Rempah-rempah